Cara Menginstall Ulang Windows 10 8 7 Tanpa DVD Atau Flashdisk

Monday, October 31st, 2016 - Belajar Komputer, Cara

Menginstall sistem operasi windows akan sangat anda butuhkan ketika komputer atau laptop anda bermasalah misalnya terkena virus, crash akibat software atau hardware dan bahkan karena anda ingin upgrade ke versi terbarunya. yang biasanya anda maleus untuk memperbaiki atau mencari solusi kerusakan tersebut, maka oleh karena itu saya membuat tutorial tentang cara menginstall ulang windows 10, 8, 7 tanpa menggunakan DVD atau FLASHDISK dengan cara fresh instalation lah pilihan yang tepat dan mudah, akan tetapi ya anda harus cape – cape untuk menginstall aplikasi – aplikasi yang biasa anda pakai.

Latar belakang masalah install windows tanpa media flashdisk dan dvd, Dari berbagai macam cara instal windows 7, cara instal windows 8  ataupun cara instal windows 10 yang tersebar, kebanyakan dari mereka menggunakan flashdisk/flashdrive atau dvd, maka dari itu sekarang saya akan buat tutorial yang sedikit berbeda untuk menginstall windows pada umumnya, saya sekarang akan menggunakan media hard disk.

Cara Menginstall Ulang Windows 10 Windows 8 Windows 7

Tutorial install ulang windows 10, 8, 7 ini akan sangat berguna jika anda mempunyai koneksi internet akan tetapi anda tidak mempunyai atau tidak sedang memiliki flashdisk atau dvd. atau anda hanya mempunyai file iso nya saja yang anda dapatkan dari mendownload atau minta dari temen yang suka install ulang.

baca juga : Cara Membuat Flashdisk Bootable

Saya sudah praktekan cara ini dari 3 sistem operasi dari windows 7, 8 dan 10 semua berjalan lancar seperti semestinya, yang beda cuman tampilanya aja pada intinya sih sama saja.

Kekurangan dari instal windows menggunakan hardisk ini :

  • Anda wajib harus bisa masuk dulu ke desktop anda, kalo misalnya anda tidak bisa masuk ke windows atau stuck di startup sudah di pastikan anda tidak bisa menginstall windows dengan trik ini.
  • laptop atau komputer anda harus menggunakan MBR DISK atau masih menggunakan bios CSM bukan GPT DISK atau udah menggunakan UEFI.

bagimana cara cek Disk kita bertipe gpt atau mbr ?

jawabanya anda tinggal klik kanan computer/this pc lalu klik manage > storage > Disk management dan klik kanan pada hardisk yang mau di pake install ulang contoh nya disk 0 dan lihat pada list nya, jika disna ada tulisan convert to gpt disk berarti anda bisa menggunakan trik ini, akan tetapi jika tulisanya convert to mbr disk maka di pastikan anda tidak bisa menggunakan trik ini, anda harus merubah dulu tipe disk anda ke mbr terlebih dahulu.

hardisk menujukan menggunakan GPT disk

hardisk menujukan menggunakan GPT disk

jika kejadianya seperti gambar di atas berarti dipastikan anda tidak bisa menggunakan trik ini.

Apabila anda sudah memenuhi persyaratan di atas dan komputer atau laptop anda tidak mempunyai masalah hard disk maka anda tinggal menyiapkan bahan – bahan yang di perlukan di bawah ini.

Langkah – Langkah install ulang windows 10/8/7 tanpa dvd/flashdisk

Untuk tutorial ini saya menggunakan sistem operasi windows 7 tapi caranya gak jauh beda dengan windows yang lainya, langsung anda siapkan bahan – bahan yang di butuhkan

  1. anda harus sudah mempunyai file iso windows nya mau win 8 win 7 win 10 bebas sesuai yang anda ingin coba praktekan. kalo blm punya ya download dulu dan ingat beli  y, hehe kalo pengen beli lisensi nya dengan harga murah bisa kontek saya  😀
  2. jika anda menggunakan windows 7 seperti saya komputer atau laptop anda harus sudah terinstall software winrar kalo gak ada bisa pake ultraiso /power iso/daemon tool cukup salah satunya yg harus anda anda installkan di pc atau lepi anda yang nanti gunanya untuk mengextract isonya, akan tetapi jika anda menggunakan windows 8 atau windows 10 anda gak usah tuh pake software2 di atas soalnya windows tersebut sudah bisa membuka file iso dengan windows explorer saja nanti saya kasih tau caranya.

Jadi jika anda sekarang menggunakan windows 7 anda harus mempunyai file iso dan aplikasi pengextract iso tapi jika anda menggunakan windows yang lebih baru anda cukup menyiapkan file isonya saja yang mau di eksekusi.

Baca Juga :  Cara Membuat Dan Membuka File Iso 

Jika bahan nya sudah siap maka sekarang kita lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu menyediakan ruang menyimpan file windows yang mau kita pake untuk install ulang windows di pc kita dengan cara kita mengambil sebagian space dari hard disk kita untuk menyimpan mentahan windows nya untuk di gunakan install ulang dengan cara seperti berikut ini.

Membuat partisi baru untuk menyimpan bootable windows

  1. langsung saja anda buka computer management dengan cara klik kanan computer atau my pc yang ada di windows explorer terus klik Manage  > Storage > Disk Management.
  2. setelah itu anda akan di lihatkan tampilan struktur partisi pada hardisk anda, dan pilih lah partisi yang ada installer windows nya, dalam kata lain biasanya itu tersimpan di partisi C:, kenapa saya harus memilih partisi C karena saya yakin pada partisi c itu adalah primary partition dan ketika kita membuat partisi baru dari sana hasilnya juga akan primary partition, dan jika dari partisi yang lain biasanya logical dan trik ini tidak akan berhasil, anda bisa sih mengconvert partisi logical ke primary cuman harus pake software dan itu buang2 waktu. ok lanjut anda langsung saja klik partisi C itu lalu klik kanan dan klik shrink.
  3. setelah terbuka anda isi tuh Enter the amount  space to shrink in mb, ke ukuran iso installer windows nya, berhubung saya menggunakan iso windows 7 jadul jadi mentahan nya kecil hanya 2.5 GB oleh karena itu saya membuat partisi baru hanya 3GB untuk pembuatan partisi barunya makanya saya lebihin dikit 😀 setelah itu anda klik shrink dan tunggu sampe partisi baru beres di buat.

    partisi baru yang di buat dengan cara shrink

    partisi baru yang di buat dengan cara shrink

  4. setelah itu nanti akan muncul partisi unallocated pada disk 0 kalo saya. kalo anda bisa saja di disk yang mana sesuai dengan berapa hardisk yang terinstall pada pc atau laptop anda. tuh kan ada yang unallocated anda klik kanan lalu klik New simple volume > next > next > next dan nanti rename volum label nya saja jadi window7 misalnya biar nanti pas pengaturan partisi gak lupa dan kehapus kan bahaya,
    cara-menginstal-window-10

    ubah volum label nya biar gak lupa bebas terserah asal jangan lupa

    pengaturan yang lainya jangan dirubah hanya volume label nya aja lalu klik next terus finish terus tunggu deh proses format nya selesai.

  5. setelah beres membuat primay partition baru untuk menyimpan installer windows 10/8/7 anda klik kanan partisi baru tersebut dan klik Mark partition as active dan klik yes jika muncul warning

    ubahlah partisi baru menjadi active

    ubahlah partisi baru menjadi active

  6. pastikan dan liat partisi baru anda udah di ada tulisan active. jika partisinya udah active maka tugas anda selesai pada disk management nanti kesini lagi pas waktu udah beres install ulang windows yang fresh.
  7. sekarang saat nya copy installer windows nya ke partisi yang baru anda buat dengan cara anda bisa mengextract melalui winrar, di mount dulu menggunakan ulra iso atau power iso  terus blok semua file nya copy dan paste pada partisi yang tadi udah di buat, atau jika anda mempraktekanya menggunakan windows 8 atau windows 10 anda tinggal buka dengan cara klik kanan  file iso nya > open with > windows explorer terus Ctrl + a ( blok semua file) copy dan paste pada partisi baru, ingat semua file nya di copy jangan sampe ada yang ketinggalan dan jangan di bungkus sama folder biarkan saja sesuai dengan apa yang di isi file iso nya.

    contoh extract menggunakan winrar

    contoh extract menggunakan winrar

  8. setelah installer windows nya beres di extract atau udah di copy ke partisi baru dan partisinya udah active kita bisa langsung mulai langkah install ulang windows 10/8/7 nya dengan cara restart komputer anda, dan jika langkah yang di lakukan benar ketika startup anda akan masuk ke halaman ini installer windows dan biasanya berhenti di pemilihan bahasa dll seperti di gambar ini.

    halaman pertama installer windows

    halaman pertama installer windows

  9. nah jika muncul tampilan  halaman pertama installer windows ini berarti anda telah berhasil melakukan pembuatan partisi active dan copy windows ke partisi barunya, jika tidak dan error berarti ada yang salah.. setelah sampai ke halaman ini mau di installer windows 7/8/10 anda tekan tombol Shift + F10 nanti akan muncul command promt. dan setelah muncul anda masuk ke langkah pengaturan partisi installer yang telah kita buat menjadi tidak active dengan cara memindahkan ke partisi yang lain berikut tutorialnya.

Menonaktifkan partisi installer untuk memulai instal windows 10/8/7

  1. pertama klik pada cmd dan ketik pada cmd diskpart lalu enter.
  2.  setelah masuk ke diskpart sekarang anda ketik lagi list disk lalu enter nanti disitu akan muncul hanya Disk 0 saja jika anda hanya menginstal 1 harddisk pada komputer atau laptop anda dan akan ada lebih dari 1 disk jika hardisk yang di install pada komputer anda lebih dari 1.
  3. pilih disk yang mana yang mau anda installkan windows nya, contoh saya hanya punya hardisk 1 dan saya memilih disk 0 berarti perintah selanjutnya adalah select disk 0 lalu enter lagi, ingat y nol bukan o. nah nanti ada tulisan disk 0 is now the selected disk. menandakan sekarang anda ada pada disk 0. lanjut
  4. perintah selanjutnya adalah kita melihat semua partisi yang terstruktur yang ada pada hardisk anda dengan cara mengetikan list partition lalu enter, maka munculah partisi – partisi yang telah anda atur sebelum nya. di hardisk saya ada 3 partisi yaitu partisi pertama yaitu partisi sistem yang ukuranya cuman 100mb dan yang kedua adalah partisi C dimana letak sistem operasi windows berada dan yang ketiga ialah partisi baru yang telah kita buat untuk menyimpan installer windows, dalam kasus anda mungkin berbeda karena bisa saja anda membuat partisi banyak seperti partisi D E F dst, maka oleh karena itu jangan heran. langkah selanjutnya adalah mengaktifkan kembali partisi sistem yang 100mb (ukuran partisi sistem beda2 bisa 100/350/500 mb tergantung sistem operasinya) berhubung partisi sistem letak nya ada pada partisi pertama maka perintah yang harus di ketik adalah select partition 1 lalu enter, maka nanti akan muncul lagi tulisan partition 1 i now the selected partition.
  5. dan selanjutnya jika sudah di partisi sistem yaitu dalam kasus ini partition 1 maka sekarang kita tukar asalnya partisi yang aktif adalah partisi 3 (dalam contoh kasus ini) menjadi partisi 1 agar nanti pas instalasi proses windows komputer atau laptop tidak mendeteksi lagi partisi tempat installer windows, dengan cara ketik active lalu enter. maka nanti muncul tulisan DISKPART marked the current partition as active. dan anda telah selesai mengubah partisi aktif menjadi kembali ke asal dan anda siap melakukan install ulang windows nya. untuk keluar dari cmd dengan cantik anda ketik exit lalu enter sampai cmd close hehe. nih gambar nya kalau anda takut salah mempraktekanya .

    langkah dan proses menonaktifkan partisi installer windows

    langkah dan proses menonaktifkan partisi installer windows

Langkah instalasi windows 10/8/7

  • sekarang kita bisa menginstall windows yang kita suka dengan cara seperti biasa langkah pertama adalah klik next > install now > ceklis I accept.. dan klik next klik Custom (Advanced) biasanya jika iso anda banyak pilihan anda bakal disuruh dulu tuh pilih 32bit atau 64 bit atau versi windows nya dulu sebelum masuk sekmen partisi manajemen, berhubung installer saya standar jadi langsung gak ada pilih2, dan masuk ke langkah partisi.
  • di langkah partisi ini ingat anda harus hati2 karena berhubungan dengan lancarnya instalasi windows tanpa flashdisk dan dvd ini dan demi kelangsungan hidup data – data anda 😀

    partisi sistem dan partisi C di hapus tapi partisi installer windows jangan

    partisi sistem dan partisi C di hapus tapi partisi installer windows jangan

  • nah seperti keterangan gambar di atas yang di hapus yaitu hanya partition 1 system reserved dan partition 2 atau partisi C tempat windows sebelum nya berada, kenapa saya hapus agar nanti ketika anda installkan lagi windows di partisi C windows nya gak ganda dan membingung kan anda pada saat booting atau pada saat beres instalasi karena nanti ada windows old pada partisi C.
  • ok kita hapus saja langsung partition 1 dan partition 2 dengan cara di klik pada partisi tersebut dan klik delete ulangi langkah nya ke partition selanjutnya bebas mau mana dulu mau partition 1 atau 2 dulu yang mau anda hapus yang penting kedua partisi itu harus musnah 😀
  • ingat jangan sampe anda hapus partition 3 yang ada tulisan windows 7 yang telah kita buat sebelum nya karena saya pastikan itu kesalahan fatal karena anda tidak akan bisa masuk lagi ke windows kecuali anda menggunakan bootable flashdisk atau dvd installer windows. dan jangan hapus partisi data anda jika anda telah membuat nya jangan lupa, ingat2 size partisi mana yang sistem operasi dan partisi mana yang data dan tempat installer windows berada.
  • setelah anda hapus nanti akan ada space yang terbengkalai dengan tulisan nya unallocated space maka kita manfaatkan space yang terbengkalai ini menjadi partisi lagi, jika anda ingin membagi lagi anda tinggal bagi lagi tuh partisi yang telah anda buat, tapi jika hanya ingin menjadi partisi C yang tempat nya untuk sistem operasi saja maka langsung saja anda klik tuh unallocated space lalu klik new di bawah dan klik apply untuk menggunakan seluruh unallocated space nya. dan jika ada warning windows akan membuat partisi adisional untuk sistem anda klik ok saja.
  • setelah itu anda klik next ( pastikan yang di tandai adalah partisi yang barusan kita buat bukan partisi yang lain dalam kasus ini partition 2), anda tunggu tuh lumayan lama bisa anda istirahatkan dulu mata batin anda 😀
  • dan setelah beres instalasi nya nanti akan merestart dan komputer/laptop akan otomatis melanjutkan instalasi nya, nah setelah ini biasanya beda2 dari instalasi windows 7 windows 8 atau pun windows 10 tapi intinya sama aja anda di suruh masukin user, password, serial key, dan milih regional jam, selebih nya di next aja ampe beres hehe, tapi disini berhubung saya pake windows 7 jadi saya akan memandu anda sesuai dengan step instalasi windows 7 saja.
  • lanjut, diam kan saja sampai nanti anda masuk ke halaman masukin nama user dan pc nya, anda ketik tuh sesuai dengan yang anda ingin kan setelah beres klik next
  • terus anda suruh masukin password jika tidak mau pake password gak usah diisi, ingat kalo mau masukin password 2 kali di ulang di form yang udah tersedia setelah anda putuskan mau pake password atau tidak maka langkah selanjutnya adalah klik next.
  • dan disini anda di suruh masukin serial key yang telah anda beli ( kalo butuh pm saya harganya lumayan :D) tapi jika anda belum punya dan mau membereskan instalasi anda tinggal klik next dan hilangkan ceklis pada Automatically active ( anda bisa ceklis jika anda mempunyai serial keynya agar langsung di verifikasi ke absahan serial key yang anda punya) jika sudah anda bisa klik skip atau next bebas.
  • untuk langkah selanjutnya adalah jika komputer anda terhubung ke internet dan mau langsung dapet updetan dari windows nya anda pilih yang paling atas tapi jika tidak mau anda pilih ask me later.
  • sekarang langkah nentuin waktu dan regional, untuk indonesia anda cari tuh bangkok hanoi jakarta letaknya ada di GMT +7 atau UTC + 7 dan jika jam nya ngaco anda bisa sesuai kan disana. jika sudah anda klik next dan selamat anda telah berhasil menginstall windows 10/8/7 tanpa menggunakan flashdisk/flashdrive atau dvd.

Menghapus partisi installer windows yang terbengkalai

  1. jika anda telah berhasil masuk ke desktop maka langkah selanjutnya adalah menghapus partisi yang installer windows dengan cara seperti yang telah saya sebutkan di atas tadi masuk lagi ke computer management dengan cara klik kanan computer > manage > storage > disk management.
  2. anda klik kanan partisi windows7 yang telah kita buat lalu klik delete volumes jika ada peringatan klik yes
  3. setelah itu nanti ada partisi yang unallocated dan kita gabung dengan partisi C dengan cara klik kanan pada partisi C lalu klik Extend Volumes > next > next > Finish.
  4. Taraaaaaa partisi yang terbengkalai sudah back to home bergabung dengan partisi C seperti sedia kala.
  5. Tamat

Selamat anda telah berhasil menginstall windows 10, windows 8 ataupun windows 7 tanpa menggunakan media tambahan seperti flashdisk, dvd, Microsd, HDD external atau yang lainya..

Kesimpulan.

cara ini bisa menghemat waktu anda karena kecepatan menggunakan harddisk akan lebih terasa di bandingkan dengan flashdisk ataupun media yang lainya.. dan cara ini akan berhasil jika anda mengikutinya secara seksama dan tidak tergesa-gesa. harus sabar ya gan 😀

ok sekian dulu tulisan dari saya tentang cara menginstall ulang windows 10, 8, 7 tanpa menggunakan DVD atau FLASHDISK,  selaku admin www.tuntor.com semoga bermanfaat dan membantu mengefisienkan waktu sehingga bisa di manfaatkan untuk mengerjakan aktifitas lainya.

salam hormat dan terima kasih telah berkunjung jangan lupa di share artikelnya.

Tag Terkait: