Cara Menggunakan Rufus Untuk Install Ulang

selamat sore reader, untuk anda yang sedang mencari tutorial cara menggunakan rufus dan bingung cara menggunakanya, anda telah datang ke blog yang tepat sekali karena saya akan paparkan secara detail cara setting dan pemahanan dengan aplikasi yang sangat bermanfaat ini. khusus nya buat anda yang sedang belajar cara install ulang sendiri menurut saya aplikasi ini sangat dinamis dan bisa di gunakan hampir semua os yang telah ada.

rufus juga bukan hanya support buat install ulang melalui flashdisk akan tetapi bisa juga buat update bios motherboard anda.

lah kenapa menggunakan rufus sebagai aplikasi untuk membuat bootable flashdisk?

karena menurut saya fitur dari aplikasi ini udah cukup kalo untuk hanya membuat bootable flash drive tidak usah menggunakan banyak menu yang gak penting dan hanya membuat kita pusing.

dan rufus mengklaim bahwa aplikasinya lebih cepat dari pada  aplikasi sejenis nya dalam hal membuat bootable flash drive. nih buktinya.

klaim kecepatan

klaim kecepatan

nah aplikasi sejenis kan gitu aja fungsi nya sama – sama untuk membuat bootable flashdisk saja kan. dan rufus ini lebih cepat dalam hal menjadikan flashdrive menjadi bootable. ¬†jadi mau apa lagi ūüėÄ

ok setelah anda sedikit mengenal kenapa banyak orang yang menggunakan rufus sebagai aplikasinya untuk menginstall os ke flashdrive, maka sekarang saya mulai saja langsung  tutorial  cara menggunakan nih aplikasi.

Cara menggunakan rufus untuk membuat bootable flashdisk

ok sebelum di mulai ada baiknya anda persiapkan dulu hal yang harus anda untuk syarat pembuatan bootable flashdisk nya. antara lain

  1. jika anda blm punya software nya anda download dulu di situs resminya  DISINI.
  2. download yang versi portable aja

    download yang versi portable aja

  3. download yang versi portable aja
  4. terus sekarang pastikan anda sudah menyiapkan flashdrive dan installan iso nya.
  5. sebagai contoh saya menggunakan flashdisk 8 giga dan iso windows 10 untuk di praktekan sekarang
  6. mau pake flashdisk 4 giga pun jg sama aja contoh nya
  7. lansung saja liat gambar nya di bawah ini
  8. langkah langkah cara menggunakan rufus

    langkah langkah cara menggunakan rufus

  9. nah secara default rufus akan mendeteksi usb flashdrive yang menempel pada pc anda
  10. anda tinggal ikuti saja langkah langkah yang sesuai dari gambar yang telah saya screen shoot kan itu.
  11. di bagian device anda pilih flashdisk yang anda mau gunakan untuk install ulang
  12. dan file system nya di set ke NTFS jika flashdisk anda lebih dari 2 giga
  13. cluster size dan partition scheme biarkan saja default
  14. dan jangan lupa yang paling penting adalah langkah nomor 7 yang pas bagian piringan itu di sebelah kan. anda harus browse dimana letak file iso anda dan klik open pada file isonya sampe ada tulisan os yang sama di paling bawah seperti gambar saya di atas itu
  15. dan lihat ceklisanya samakan dengan gambar saya, tapi biasanya secara default jg udah seperti itu.
  16. dan jika sudah langsung saja klik start. nanti ada peringatan semua data yang ada di flashdisk akan dihapus jika sebelumnya ada data penting di flashdisk anda lebih baik anda selamatkan dahulu dengan klik cancel akan tetapi jika tidak ada tinggal klik OK.
  17. jika ada error pas di awal yang menyatakan flashdisk anda lagi di pake anda eject dahulu lalu masukan lagi flashdisk nya. atau masih ada error jg coba matikan antivirus sementara. tapi jika tidak anda tinggal menunggu saja hingga proses pengcopyan selesai.
  18. jika loading bar sudah penuh yang warna ijonya dan status jadi di ready kembali proses pengcopyan telah selesai anda tinggal tes saja
  19. selesai

nah mudah kan sekarang anda tinggal tes melalui komputer atau laptop yang akan anda install ulang.

seperti biasa ubah penyimpanan dari hardisk ke flashdisk lalu jadikan flashdisk sebagai nomor 1 di proses booting. lanjut deh install nya. hehe

ok tutorial dari saya tentang cara menggunakan rufus untuk install ulang. semoga bermanfaat dan tidak ada masalah pada saat anda mempraktekanya. jika ada masalah anda bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar dan saya akan balas secepat mungkin. terima kasih telah membaca di situs tuntor wasalam.

Tag Terkait: