Cara Mengembalikan File Dan Folder Yang Menjadi Shortcut

Pernah anda terkena dengan satu virus yang telah menukarkan file dan folder kepada shortcut dan anda tidak bisa langsung mengakses langsung file tersebut? Virus ini biasanya menyerang external media seperti pendrive dan external hard disk dan flashdisk.

Apa yang berlaku ialah virus ini menyembunyikan file / folder yang asal dan membuat salinan (duplicate) kepada file yang kita punya, contoh nya se[erti gambar di bawah ini.

cara mengatasi virus shortcut

contoh gambar file yang terjangkit virus shorcut

pertama yang perlu kita lakukan ialah periksa size external media (contohnya flashdisk) kita tersebut. Jika masih sama seperti sebelumnya (sebelum dijangkiti virus), ini bermakna file asal kita masih ada dalam pendrive tersebut. Jadi kita telah tahu bahawa file kita masih ada memandangkan sebagian daripada ruang dalam pendrive kita itu telah digunakan. Tapi bagaimana agar file yang sudah terjangkit balik lagi?

cara mengembalikan file yang sudah terjangkit virus shorcut

Terdapat dua cara bagaimana kita mengembalikan file yang telah disembunyikan.

Cara 1:

  1. Start > Control Panel > Apperance and Personalization> Folder Options > View > pilih “Show hidden files and folders” dan Uncheck/kosongkan ruangan “Hide protected operating system files (Recommended)”. Tekan Apply.
  2. Seterusnya pergi ke pendrive kita, korang sepatutnya nampak fail/folder yang asal termasuklah virus tu sekali (kalau kita belum delete virus lagi la).
  3. Delete virus tersebut bersama dengan shortcut yang ada. Kemudian buatkan satu folder baru dan pindahkan data yang berada dalam hidden folder tersebut ke dalam folder yang baru kita buat tersebut.
    Bila dah siap, delete hidden folder tersebut.
  4. Buka Task Manager dan periksa sama ada masih terdapat lagi atau pun tidak virus tersebut di dalam sistem. Jika ada sila right click virus tersebut dan tekan “End Task”.
  5. Ambil perhatian nama virus tersebut dan buat satu search atas nama virus itu. Delete semua virus yang ada.
  6. Apabila semua proses telah selesai, kembali ke Control Panel > Folder Options > View > pilih “Do Not show hidden files and folders” dan tick kembali ruangan “Hide protected operating system files (Recommended)”. Tekan Apply.

Cara 2: cara membuka file shortcut

pastikan bahwa file kita dalam flashdisk sudah menjadi shortcut jika iya maka lakukan langkah di bawah ini.

  1. buka menu Start > Run atau dengan cara menekan tombol bendra + R nanti muncul windows run
  2. setelah muncul menu run lalu anda ketikan attrib -h -r -s /s /d h:*.* dan tekan ENTER.

    contoh nya

    contoh nya

  3. (PERHATIAN: ubah ‘h:’ tu kepada letak flashdisk yang anda punya misalnya di drive F: G: atau H: lihat dahulu untuk memastikan. Tapi bukan yang ‘-h’ tu, tapi yang belakang sekali. Kalau pendrive kita tu e, ubah kepada e).
  4. Bila sudah di lakukan periksa kembali pendrive anda, sepatutnya file/folder yang disembunyikan itu kembali kepada asal.

mudah kan 😀

untuk mencegah kasus tersebut terulang lagi lebih baik anda pasang antivirus pada komputer anda dan scan secara menyeluruh agar virus tersebut tidak menjangkit komputer anda, atau anda biasanya mendapatkanya di komputer orang lain contoh nya teman anda atau komputer warnet.

jadi alangkah baiknya anda menscan atau kalo udah parah banget bisa anda install ulang sistem operasi yang sudah terjangkit tersebut.

ok demikian dahulu penjelasan saya tentang cara menngembalikan file yang menjadi shortcut karena terkena virus.

terima kasih jangan lupa di share artikel ini jika bermanfaat.

Tag Terkait: