Cara Mempercepat Booting Startup Windows Semua Versi

- Cara

Mengapa komputer lama saat dihidupkan? apakah ada yang salah pada sistemnya atau pada komputernya? apakah komputer mengalami kerusakan? pertanyaan itu sering muncul ketika kita menghidupkan komputer tetapi loading startup untuk menampilkan windows menjadi sangat lama oleh karena itu saya akan membahas tentang cara mempercepat booting windows.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara mempercepat startup windows 7 window 8 ataupun windows 10 sehingga anda tidak perlu menunggu lama saat menghidupkan komputer.

Cara mempercepat startup windows

Pada saat komputer pertama kali dihidupkan, komputer akan meload semua program-program yang ada untuk ditampilkan pertama kali pada windows startup, jika semakin banyak program yang akan dibuka oleh system maka proses untuk meload data dari program membutuhkan waktu yang lama pula. dan juga settingan motherboard yang belum di rapihkan bisa membuat booting lemot. untuk itu ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mempercepat loading startup pada komputer:

1.  Langkah pertama kita akan meminimalis program yang akan dibuka oleh system pertama kali dengan masuk ke system startup yaitu dengan menekan Windows + R pada keyboard atau mencari run pada windows anda.
2.  Langkah kedua ketikkan msconfig pada jendela run kemudian klik OK atau menekan ENTER.

3.  Akan muncul system configuration, setelah itu klik startup pada menu bar dibagian atas
4.  Setelah muncul pilih disable all atau anda bisa mencentang program yang diinginkan. kemudian klik apply dan OK

5.  Selanjutnya pilih boot pada menu bar kemudian pilih advanced options

6.  Centang number of prosessor kemudia pilih 2 jika komputer anda dual core dan pilih yang lain jika komputer anda mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi. selanjutnya klik OK

7.  Kemudian anda akan kembali ke jendela system configuration, Klik OK untuk menyimpan hasil settingan.

update

cara mempercepat startup booting windows

waduh setelah sekian lama ini artikel gak di update lagi karena saya banyak belajar dan mendalami dunia komputer ini jadi saya akan berbagi beberapa cara untuk mempercepat booting windows 7 anda.

berhubung masih banyak yang pake windows 7 karena kecepatanya masih mumpuni jadi tidak salah kalo penggemar windows 7 masih banyak di pasaran.. apa saja tambahan dari saya untuk mempercepat booting windows 7 ini.

  1. jika motherboard anda adalah motherboard pc gaming dan masa kini pasti sekarang anda akan mendapat menu di bios nya yaitu fast boot nah agar booting bios anda menjadi cepat anda coba aktifkan menu itu jadi fungsi fast boot ialah untuk menunda meload seperti mouse, keyboard, dvdrooom atau apapun itu hardware yang menancap selain hardisk, supaya booting komputer menjadi lebih cepat, akan tetapi hal ini di batasi oleh teknologi mobo yang kekinian. menu seperti ini biasanya tidak ada di mobo2 jadul.
  2.  jadikan booting pertama itu adalah hardisk tempat menyimpan sistem operasi anda, contoh na anda mempunyai beberapa hardisk dvd atau usb flashdrive pindah kan urutan booting nya menjadi hardisk saja dan yang lainya di disable kan.
  3. beli lah ssd atau sshd untuk menginstall windows anda. karena kecepatan transfer data yang sangat mumpuni menjadikan booting anda menjadi lebih cepat bahkan saya melihat orang lain sampai itungan kurang dari 5 detik untuk masuk ke windows nya dengan menggunakan penyimpanan ssd. dan itu juga jika komponen komputer anda seperti processor dan ram anda sudah berteknologi ke kinian hehe.
  4. yang terakhir ubah lah format hardisk, ssd atau sshd anda ke gtp jangan mbr jika motherboard anda sudah support uefi bios, karena dengan menggunakan sistem uefi anda akan melewati proses post alias pengecekan hardware dan pada saat booting anda bakalan langsung ngbooting tempat penyimpanan anda, jadi booting anda akan lebih cepat.

saya kira segitu jg udah cukup untuk mempercepat startup atau booting pada komputer anda. dengan melakukan langkah di atas anda akan merasakan perbedaan dari sebelum nya lama jadi lebih cepat coba aja 😀

jangan lupa share artikel kami jika bermanfaat

Semoga artikel ini bisa membantu ….. terima kasih

Tag Terkait: