cara memperbaiki hardisk dengan penjelasanya

Jika hardisk anda mengalami masalah, sebaiknya anda baca cara memperbaiki hardisk dengan penjelasanya. dari berbagai masalah yang pernah saya hadapi untuk mengatasi hardisk yang mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik, mungkin tips yang akan saya share akan sedikit bermanfaat buat anda yang sedang mencari solusi untuk mengatasi masalah kerusakan hardisk.

ciri ciri hardisk rusak

Biasanya gejala – gejala yang di timbulkan akibat dari hardisk rusak ialah

  1. komputer atau laptop menjadi sering hang
  2. komputer atau laptop terasa berat dan lemot ketika di gunakan, beda dengan biasanya
  3. muncul nya BSOD (blue screen of death), ketika komputer di nyalakan atau pada saat di pakai.
  4. terjadinya crash pada system operasi dan freeze
  5. munculnya pesan “Hard Disk S.M.A.R.T. status bad, backup and replace”, pada saat komputer dinyalakan.
  6. terjadinya CHKDSK secara otomatis ketika komputer dinyalakan.
  7. hardisk mengeluarkan bunyi trek trek ketika komputer dinyalakan.
  8. hardisk tidak terbaca di bios.

itu adalah tanda – tanda hardisk rusak yang pernah saya alami, tapi mungkin masih banyak lagi tanda lain yang di sebabkan hardisk tidak berjalan dengan normal.

cara memperbaiki hardisk

disini saya akan berbagi pengalaman lagi tentang memperbaiki hardisk rusak sesuai dengan setiap masalah hardisk di atas.

cara memperbaiki hardisk yang bad sector

mengatasi hardisk bad sector sebenarnya susah – susah gampang, karena kadang – kadang masalah yang di hadapi berbeda – beda kasus nya, dan kasus kerusakan hardisk yang bad sector terpisah menjadi dua bagian yaitu bad sector logic dan bad sector fisik.

tanda – tanda hardisk bad sector

dari beberapa ciri – ciri hardisk rusak di atas nomor 1,2,3,4,6 adalah tanda – tanda hardisk mengalami bad sector.

bad sector logic adalah hal yang mungkin bisa di perbaikin dengan software karena kerusakan di akibatkan errornya sistem partisi karena pemakaian atau karena virus.

bad sector fisik adalah kerusakan hardisk yang fatal, karena piringan dari hardisk atau komponen yang ada dalam hardisk mengalami kerusakan atau cacad. jadi sebaikinya anda beli yang baru saja atau di bawa ke tempat service hardisk.

nah berhubung agan sudah tau kedua jenis hardisk bad sector, sekarang saya akan beri contoh langkah Рlangkah untuk anda mengatasi hardisk rusak karena bad  sector.

langkah – langkah memperbaiki hardisk badsector

bad sector adalah kerusakan yang sering terjadi, karena piringan penyimpan data dalam hardisk sangat rentan untuk rusak apalagi kalo perawatanya kurang di perhatikan. untuk mengetahui perbedaan badsector logic dan fisik, kita bisa mencoba dengan mengatasi badsector logic terlebih dahulu dengan cara memformat hardisk menggunakan software low level format, agar mengembalikan sector – sector hardisk seperti baru dan menghapus system partisi yang kacau.

ada beberapa hal yang harus anda persiapkan

  1. pertama anda harus mempunyai pc, atau pinjem pc temen ūüėÄ
  2. lalu anda pasangin hardisk anda yang rusak di pc nya, jadi 2 hardisk kepasang dalam 1 pc
  3. setelah itu anda download software untuk memperbaiki hardisk llf nya disini
  4. pilih yang Download Windows Installer.
  5. lalu anda install kan.
  6. sekarang buka software low level format nya lalu pilih nama hardisk yang mau di format.
  7. cara memperbaiki hardisk yang baik dan benar
  8. klik  continue lalu anda Pilih tab Low Level Format dan klik Format Device
  9. memperbaiki hardisk rusak
  10. tunggu sampe proses selesai, lama waktunya tergantung dengan spesifikasi komputer anda jika komputer lemot y agak lama. kira – kira jika sudah beres maka akan seperti ini.
  11. software untuk memperbaiki hardisk
  12. jika sudah selesai maka anda harus membuat partisi baru, karena seolah2 hardisk anda menjadi tanpa partisi lagi seperti pertama anda membeli hardisk. anda bisa baca artikel cara mempartisi hardisk untuk pembagian dan penjelasan tentang partisi

bagitu kira – kira cara mengatasi hardisk rusak akbiat dari bad sector logic, jika cara di atas tidak mempan dan hardisk anda tetap lemot atau sering hang dan sering error, berarti sangat di sayangkan kalo hardisk anda mengalami bad sector fisik dan anda harus membawa nya ke tukang service hardisk.

tanda – tanda hardisk rusak parah

dari beberapa ciri hardisk rusak yang sudah tidak bisa di tolong adalah ciri ciri nomor 5 dan 7. karena menurut pengalaman saya ketika mengalami problem seperti itu tidak akan lama lagi hardisk anda tidak akan bisa di pakai, maka lebih baik secepatnya anda backup data anda sebelum anda menangis..hihihi

hardisk tidak terbaca

jika anda mengalami hardisk komputer yang tidak terbaca, untuk mengatasinya ada beberapa hal yang harus anda cek yaitu konektor ata atau sata nya apakah masih bagus atau sudah aus, lalu socket ata dan sata pada hardisk atau socket dan konektor power supply nya.

karena biasanya jika tidak terbaca masalahnya adalah pada pemasangan yang terlalu longgar atau karena goyangan, jadi kabel tidak terhubung dengan baik. dan masalah lainya dudukan socketnya udah rusak. akibatnya hardisk tidak terdeteksi di bios.

cara merawat hardisk

tips merawat hardisk yang akan saya berikan untuk merawat hardisk anda agar awet yaitu :

  1. jangan pernah mematikan komputer secara mendadak, kecuali jika terpaksa.
  2. jangan sampai sering terkena mati lampu atau putus aliran listrik secara tiba2.
  3. jika anda mengalami listrik yang suka redup dan voltage nya kurang alias gak stabil alangkah baik nya anda menggunakan ups atau stabilizer untuk menjaga keawetan perangkat elektronik anda.
  4. lakukan defrag di setiap partisi 1 atau 2 bulan sekali.
  5. jangan terlalu banyak aplikasi terinstall dan memberatkan beban hardisk
  6. jangan mengisi hardisk sampai full usahakan hardisk ada sisanya.
  7. jangan sampai hardisk jatuh, goyang atau kena air.
  8. jangan menggunakan power supply jelek dan belum ada sertifikat 80+ nya karena kebanyakan yang mempunyai hardisk lebih dari 1 buah akan mengalami kerusakan hardisk jika power supply nya tidak memadai.

kayanya segitu juga cukup untuk merawat hardisk supaya awet, karene biasanya penyebab hardisk rusak gak jauh dari beberapa poin di atas yang anda belum anda perhatikan. jika pengen nambahin boleh atau anda cari sendiri di google cara lainya.

apalagi y, kayanya cukup dulu deh sampai sini, intinya kalo kerusakan hardisknya masih bersifat logic pasti bisa di perbaiki bahkan kerusakan fisik sekarang sudah banyak jasa service hardisk profesional yang bisa memperbaikin kerusakan fisik pada hardisk.

ok udahan dulu deh bacanya tentang cara memperbaiki hardisk dengan penjelasanya, maaf kalo banyak kekurangan dan kata – kata yang mungkin sebagian dari anda tidak mengerti, oleh karena itu anda jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar di bawah, saya akan sangat senang sekali menjawab atau membatu anda menghadapi masalah hardisk ūüėÄ

Tag Terkait: ,