cara membuat blog wordpress dengan vps centos

apakah anda ingin membuat blog self hosting dengan vps sebagi webserver ? jika iya anda simak baik – baik cara membuat buat blog wordpress dengan vps centos ini. manfaat dari mempunyai blog yang self hosting adalah dimana anda tidak akan di batasi oleh space yang di sediakan pihak wordpress ataupun bloger. dan manfaat lain dari menggunakan flatform wordpress agar anda lebih memudahkan tweak pada site anda dengan lebih mudah karna tersedianya plugin – plugin yang sangat bagus dan berkualitas untuk membantu pengaturan blog anda dengan mudah.

pendahuluan cara membuat blog

apa yang harus anda siapkan untuk membuat blog ini ?

  1. niche blog
  2. vps
  3. domain

niche membuat blog wordpress

niche blog wordpress adalah suatu judul atau tema utama yang akan anda bahas pada isi keseluruhan isi konten yang akan menjadi artikel pada blog anda, gunanya adalah untuk anda lebih menargetkan bidang apa dan materi apa saja yang anda akan bahas untuk target visitor anda nanti.

cara mencari niche untuk cara membuat blog

mencari niche untuk blog

memilih niche blog adalah hal yang sangat penting untuk memulai anda membuat blog, jika anda masih bingung contoh niche itu adalah misalnya blog anda membahas tentang kesehatan, teknologi, gadget dll. nah anda tentukan dulu niche blog masa depan anda sebelum memulai membuat blog.

tips dari tuntor adalah carilah niche yang anda kuasai agar anda enjoy pada saat mencari materi dan posting rutin untuk blog anda.

jika sudah ketemu niche yang pas sesuai dengan bidang anda atau sesuai dengan yang anda ingin kan, sekarang lanjut kan saja ke pemilihan vps server.

cara memilih vps hosting

memilih vps hosting menurut saya tergantung dengan kebutuhan anda, memilih sesuai dengan budget yang anda miliki, saran saya untuk yang masih belajar pilih saja yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi agar mengirit kantong anda juga, tapi jika anda ingin performa yang lebih mantap atau misalnya vps server nya mau di install banyak blog atau di pake kebutuhan tunneling itu sih terserah anda, tapi jika untuk satu blog saja saya sarankan jangan terlalu high spesifikasinya karna bisa mubajir gan ūüėÄ

cara membuat blog dan memilih vps hosting untuk blog

memilih vps untuk membuat blog

contoh yang saya rekomendasi kan adalah provider weloveserver karna blog ini juga menggunakan layanan dari sana, kelebihanya anda bisa request atau memilih spesifikasi yang anda mau dan bisa tawar menawar harga, hehehe. contoh spesifikasi yang saya request adalah

  • 4 vCPU Cores = cpu yang mempunyai 4 virtual core
  • 10GB RAID10 Diskspace = 10 gb penyimpanan hardisk jenis raid
  • 512 RAM = 512 ram nya
  • 1000GB Bandwidth = 1 tera kuota upload bandwidth
  • 100Mbps Port Speed = kecepatan port 100Mbps
  • 1 IPv4 Address = hanya di kasih 1 ip address versi 4
  • SolusVM/OpenVZ = di kasih panel gratis solusVM
  • 256 Vswap = 256 virtual swap.

di atas adalah spesifikasi yang saya pakai untuk blog ini, dan dengan spesifikasi itu saya bisa mendapatkanya dengan harga 15$ anda bisa sesuaikan lagi spek dan harga nya sesuai dengan kebutuhan anda, jika anda tertarik membeli di provider tersebut anda bisa daftar langsung dan open ticket untuk bernegoisasi di link di bawah ini.

weloveserver

tips dari tuntor, ada yang salah dengan pemilihan spesifikasi vps yang saya pilih di atas karna ternyata spek yang di pesan terlalu besar apalagi di bagian bandwidth nya, itu sungguh sangat mubajir soalnya saya hanya menghabiskan maksimal 20 giga perbulan dan yang saya miliki adalah 1 tera gak mubajir gimana tuh :3

jadi saran saya anda memesan atau memilih spek yang cukup jangan terlalu berlebihan contoh yang telah saya hitung dan pertimbangkan matang – matang sesuai dengan pengalaman saya adalah seperti ini

  • 4 vCPU Cores = cpu yang mempunyai 4 virtual core
  • 10GB RAID10 Diskspace = 10 gb penyimpanan hardisk jenis raid
  • 512 RAM = 512 ram nya
  • 100GB Bandwidth = 1 giga kuota upload bandwidth
  • 100Mbps Port Speed = kecepatan port 100Mbps
  • 1 IPv4 Address = hanya di kasih 1 ip address versi 4
  • SolusVM/OpenVZ = di kasih panel gratis solusVM
  • 256 Vswap = 256 virtual swap.

nah spesifikasi di atas menurut saya sudah bisa menampung 2 blog sekaligus, dengan trafik pengujung yang tinggi juga.

  • 10 giga hdd bisa untuk penyimpanan dua ¬†blog sampai 2 tahun kedepan dengan konten blog artikel dan gambar.
  • 100 giga bandwidth bisa untuk dua blog perbulan karna maksimal nya 1 blog yang ramai pengujung nya saja kurang dari 50 giga perbulan, dengan isi konten artikel dan gambar.
  • ram dan vswap segitu cukup untuk mengolah data 2 blog sekaligus gak bakalan lemot karna di dukung dengan 4 cpu core.

nah gimana udah sedikit ada gambaran untuk memilih vps yang bermanfaat dan efisien untuk membuat blog ?

misalnya anda sudah membeli vps nya, langkah selanjutnya adalah anda akses panel solusVM nya lalu anda reinstall dengan centos 6, lengkapnya lihat gambar di bawah ini.

cara membuat blog dengan vps hosting

panel solusVM untuk reinstall os

 

jika sudah anda reinstall vps nya dengan os centos 6 langkah selanjutnya adalah anda coba akses vps anda di komputer anda dengan software ssh client seperti puty atau bitvise, dan login menggunakan akun root anda yang telah di kirimkan ke email biasanya. jika sudah bisa di akses melalui ssh client maka selamat vps anda sudah siap tempur dan vps siap di pakai untuk membuat blog. lanjut cara membuat domain yang mantap

cara memilih domain blog

sebaiknya jika anda ingin membeli domain alangkah baiknya jika anda memilih domain TLD (top level domain) seperti misalnya .com .org .net .info . karna menurut saya akan lebih di hargai dan di terima di setiap search enggine manapun, jadi lebih memudahkan anda mempromosikan situs anda kelak karna lebih di anggap seurius.

cara memilih domain blog tld

cara memilih domain blog

memilih domain alangkah baiknya jika di sesuaikan dengan niche blog yang akan anda targetkan, misalnya niche anda kesehatan domain yang anda buat adalah carasehat .com, nah jadi sesuai dengan dengan tema blog agar lebih mudah di ingat para pengunjung blog anda dan bagus juga untuk persaingan di search enggine nantinya.

beberapa layanan domain yang saya rekomendasikan karna banyak di gunakan oleh bloger ataupun web master di indonesia dan dunia adalah layanan godady, namecheap dan exabytes.

untuk contoh cara membuat blog wordpress dengan vps centos, sementara saya akan membuatnya dengan menggunakan domain gratisan saja agar lebih memudahkan saja, karna settingan nya juga sama saja dengan domain berbayar.

tapi ingat ini hanya untuk pembelajaran tidak untuk membuat blog seurius karna dengan menggunakan domain gratisan anda akan lebih susah mempromosikan blog atau website anda karna seperti alasan yang sudah saya bahas tadi.

setelah anda memilih niche yang seuai dengan blog yang anda mau buat, sesuai dengan keterangan di atas  dan telah membeli vps dengan di install os centos 6 lalu telah mempunyai domain sesuai dengan niche yang relevan, maka sekarang saat nya memulai ke tahap installasi dan setting vps centos ny a.

artikel selanjutnya

  1. cara membuat domain sendiri gratis
  2. cara install dan setting vesta cp di centos vps
  3. cara setting domain pada vesta cp
  4. cara install wordpress di vesta control panel

 

Tag Terkait: