3 cara screenshot print screen di pc komputer dan laptop

untuk pengguna komputer atau laptop baru pasti anda bertanya – tanya cara mengambil gambar dari aktifitas desktop anda, oleh karena itu saya membuat artikel 3 cara screenshot print screen di pc komputer dan laptop ini.

sebenarnya sih mengambil gambar pada aktifitas desktop sangatlah mudah, akan tetapi kurangnya anda mengobok – ngobok fasilitas yang di sediakan windows dan keyboard membuat anda tidak tau 😀

saya akan menjelaskan ketiga cara mengambil gambar pada desktop atau biasanya di sebut screenshot, bisa menggunakan software ataupun tanpa software

tuntor akan menjelaskan menjadi 3 bagian yaitu

  • pertama menggunakan snipping tool di windows 7, 8 dan 10
  • kedua cara print screen ( sama aja di semua windows cuman langkah save nya aja yg beda)
  • ketiga dengan cara menggunakan aplikasi

berhubung os yang sekarang banyak di gunakan adalah win7 maka oleh karena itu saya akan mendahulukan tutorial cara screenshot ini. dan setelah itu baru versi selanjutnya. ok langsung saja saya akan terang kan bagaimana cara capture layar pada pc dan laptop.

cara screenshot di laptop dan pc komputer dengan snipping tool

sebenarnya ini aplikasi sudah tertanam di windows 7, windows 8 dan windows 10  dan aplikasi ini yang saya sering gunakan untuk screenshot di komputer atau laptop.

Letak Aplikasi Screenshot pc

letak software snipping tool pada windows 7

buka aplikasinya di menu start > all program >accessories > snipping tool

cara screenshot di pc

 

 

kalo di windows 8

untuk windows 8 anda bisa mencari nya di icon bendera atau start > klik di bagian tanda panah bawah di sisi kiri bawah > cari snipping tool di bagian kanan pada menu windows accsesories.

screenshoot-di-laptop

dan windows 10 

pada windows 10 anda bisa menemukanya pada menu start / bendera > All Apps > windows accessories > snipping tool.

cara screenshot di komputer

letek snipping tool di windows 10

 

 

nah di atas adalah letak aplikasi buat screenshot pada pc dan laptop kalian.

untuk cara kedua yaitu dengan mengetikan “snipping tool” pada windows search atau menu pencarian pada windows maka nanti nya akan muncul tuh aplikasi yang anda cari – cari hehe.

sekarang ke penggunaan aplikasi tersebut

cara menggunakan snipping tool untuk screenshot

dan cara menggunakanya cukup mudah langkah seperti berikut :

  1. double click pada snipping tool itu sampe aplikasi nya muncul
  2. terus anda klik menu new (gunting)
  3. dan anda langsung drag (klik kiri lalu tekan dan pindah2kan) saja ke daerah yang ingin anda ambil menjadi gambar lalu lepas kan klik kirinya.
  4. ketika beres dan gambar yang telah anda seleksi muncul anda tinggal save dengan cara klik menu  save ( yang gambar disket) dan simpan di mana saja anda inginkan
  5.  atau bisa anda coret – coret dengan pen tool yang tersedia sebelum anda save gambarnya, jika ingin membuat baru anda tinggal klik new. jika batal mengambil gambar, anda tinggal klik cancel. begitu kira – kira cara menggunakan aplikasi snipping tool bawaan windows.

begitu kira – kira caranya, cukup mudah kan ?

cara print screen di komputer pc atau laptop

nah kalo cara print screen adalah memanfaat fasilitas keyboard pc komputer atau pun laptop, lihat lah di sebelah kanan atas di layout ada tombol tulisanya prtsc sysrq, prt scr atau Print Screen SysRq contoh nya lihat gambar.

gambar tombol print screen

gambar tombol print screen

nah langkah untuk melakukan print screen sangat lah mudah, anda tinggal ikutin langkah sederhana di bawah ini.

langkah – langkah print screen di pc

  1. klik tombol print screen di keyboard
  2. lalu anda buka paint ( letak aplikasinya ada di tempat yang sama dengan snippping tool yaitu di windows accessories di bagian atas nya).
  3. lalu anda tekan ctrl + v atau klik kanan paste pada halaman kosong nya,
  4. maka nanti gambar yang tadi di print screen akan muncul, setelah itu anda bebas mu di edit dahulu atau langsung di save aja
  5. sebenarnya anda bisa paste hasil dari print screen di aplikasi seperti corel draw atau photoshop dan alat editor gambar lainya, itu terserah dengan pilihan anda 🙂
  6. beres 😀

mudah kan caranya.

catatan untuk pengguna laptop :

jika ketika anda membuka paint lalu di pastekan tidak muncul hasil tangkapan layar nya maka saran saya anda harus menekan tombol FN, lalu baru klik tombol print screen lalu baru lepas kan tombol fn nya dan save seperti cara di atas. tapi jika cara tersebut berhasil berarti its ok to do not do that way.

cara screen capture dengan software

screen capture adalah aplikasi untuk mengambil gambar aktivitas di desktop anda, cara menggunakanya cukup mudah anda tinggal buka aplikasinya lalu anda pilih mode kotak segitiga atau bentuk yang lainya, lalu anda drag saja di daerah yang akan anda ambil gambar nya selesai.

untuk aplikasinya anda bisa download link di bawah ini http://www.faststone.org/FSCapturerDownload.htm

pilih yang portable saja agar anda gak perlu repot install ke komputer anda segala.

demikian artikel dari tuntor.com tentang 3 cara screenshot print screen di pc komputer dan laptop, semoga berguna untuk anda yang membutuhkan, dan menjadi pengetahuan untuk anda para pembaca bahwa dunia komputer tidak sesusah yang anda bayang kan 😀

terima kasih telah berkunjung jangan lupa di share artikel nya jika bermanfaat, gak bayar ko 😀

 

Tag Terkait: