2 Cara Mudah Membuat File Pdf dari word

untuk anda yang ingin membuat file pdf sendiri, alangkah baiknya anda mengikuti 2 cara mudah membuat file pdf yang saya rangkum dari berbagai cara efektif membuat file pdf dari offline ataupun online.

ebook berformat pdf memang sangat di gemari karena dengan tampilan yang bagus dan kebiasaan orang yang membuat ebook berformat pdf yang membuat mata orang sudah terbiasa dengan ebook pdf.

oleh karena itu sekarang saya akan memberi anda sedikit tutorial tentang membuat ebook pdf.

cara membuat file pdf offline

yang pertama dan yang paling mudah adalah dengan microsoft word, dimana hampir setiap komputer atau laptop anda pasti sudah terinstall aplikasi ini, oleh karena itu saya yakin anda akan gampang memahaminya, akan tetapi jika anda pengguna setia microsoft office word 2007 ada sedikit  kendala karena anda harus mendownload dahulu plugin yang di sediakan oleh microsoft agar memunculkan menu save as pdf, akan tetapi jika anda menggunakan word 2010, 2013 atau versi yang lebih baru, hal tersebut tidak harus di lakukan anda cukup save as saja langsung, yap betul sekali caranya cuman dengan save as pdf doank, ketika anda ingin merubah word menjadi pdf. contoh nya lihat pada gambar

save-as-pdf

nah di atas saya contohkan dengan office word 2013 cara nya tinggal di save aja dan pilih pdf pada save as type nya jika sudah klik save maka otomatis file yang anda buat akan menjadi pdf. mudah kan.

akan tetapi untuk lebih jelasnya saya akan jelaskan tutorial tentang merubah word to pdf pada microsoft office word 2007 ini.

merubah word to pdf di microsoft office word 2007

seperti yang katakan sebelum nya untuk menyulap word anda menjadi pdf di word 2007, anda harus terlebih dahulu mendownload aplikasi bantuan untuk memunculkan menu save as pdf yang bisa anda download di link di bawah ini.

  1. download DISINI.
  2. untuk mendownload nya anda klik tombol download
  3. download save as pdf
  4. dan hilangkan ceklis pada MSN default homepage & Bing default search engine lalu klik tombol no thanks and continues.
  5. cara membuat file pdf
  6. setelah itu download sampai selesai
  7. setelah anda mendownload nya saatnya sekarang anda menginstall aplikasi yang tadi anda download dengan cara
  8. klik 2 kali pada SaveAsPDF.exe yang tadi anda telah download, lalu.
  9. klik yes, dan ceklis click here to…… lalu klik continue.
  10. converter word to pdf
  11. tunggu sampai the installation complete dan klik ok.

selesai sekarang anda tinggal buka atau membuat file word yang akan di jadikan pdf, contoh nya

  1. anda klik icon office yang di pinggir, lalu klik save as dan terakhir pdf.
  2. membuat pdf
  3. setelah itu anda kasih nama file pdf nya lalu klik publish.
  4. cara membuat pdf
  5. selesai anda telah berhasil membuat file pdf 😀

untuk yang saya lingkari ?, itu adalah settingan yang anda bisa pelajari lebih lanjut.

jika anda menggunakan microsoft office 2010, 2013 atau versi lebih lanjut  untuk membuat file pdf nya, cara nya tidak jauh beda anda tinggal save as saja contoh nya.

word ke pdf

terus anda ubah save as type nya menjadi pdf, contoh nya

membuat ped dari word

setelah itu baru deh eksekusi dengan cara klik save 😀

tuh mudah kan membuat pdf dengan word, di lihat dari langkah – langkah nya sih mungkin agak panjang, akan tetapi jika anda praktekan itu sangat lah mudah dan anda tidak harus menggunakan software converter word to pdf jika anda sudah mempunya aplikasi word di komputer atau laptop anda, saya yakin anda punya dan sudah terintall, jika belum ya install dulu lah 😀

oh iya jika setelah anda berhasil membuat file pdf dan anda ingin mengecilkan ukuran file pdf anda kunjunjungi artikel saya berikut nya.

ok barusan saya telah memaparkan cara membuat file pdf offline, sekarang saya akan coba membuatnya dengan cara online, simak baik – baik ya 🙂

Cara membuat pdf online

jika komputer anda terhubung dengan internet dan anda ingin mencoba membuat pdf dengan cara online cara nya cukup mudah di ingat dan pasti langsung bisa, dan jenis file yang bisa anda ubah menjadi pdf adalah Word, Excel, PPT, TXT, Images (JPG, PNG, BMP, TIFF, GIF). nah banyak juga kan file yang bisa di jadikan pdf.

ok langsung saja ke langkah – langkah nya ya.

  1. pertama anda kunjungi link INI.
  2. lalu anda klik upload file to convert.
  3. word ke pdf online
  4. lalu anda pilih file yang mau anda convert menjadi pdf dan klik open.
  5. doc to pdf
  6. setelah itu anda tunggu sampai proses convert nya beres, lalu terakhir jika sudah muncul halaman baru yang isinya adalah file yang anda ubah menjadi pdf, lihat pada bagian atas dan klik pada tombol download.
  7. buat file pdf
  8. dan setelah itu muncul halaman survey lalu klik pada bagian skip survey,  download terakhir Download PDF File.
  9. download pdf file
  10. ok setelelah itu anda tinggal buka dan lihat hasil dari converter online nya 🙂

demikian tutorial dari saya tentang cara membuat file pdf offline atau pun online, semoga artikel nya bermanfaat buat anda yang kebingungan membuat pdf.

jika anda meresa terbantu dengan artikel ini jangan lupa share ya 🙂

 

Tag Terkait: